Thursday, 19 March 2015

Penjelasan Cara Belajar Semester 2



 Terima kasih semuanya atas perhatian dan kerja samanya. Semoga semester ini kita dapat sama-sama mempelajari beberapa materi dasar akuntansi. Seperti yang telah saya jelaskan di kelas. Pengajaran bahasa Inggris semester ini berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Kita akan menggunakan metode/pendekatan mengajar ‘ACTIVE LEARNING’ sehingga siswa belajar akan didorong untuk lebih berperan aktif dalam belajar. Sebelum datang ke kelas anda diharuskan telah melakukan belajar sendiri  dan belajar kelompok secara mandiri dan terpimpin. Sehingga anda tidak lagi datang dikelas dengan ‘kosong’ melainkan siap untuk berinteraksi aktif dalam penguatan pemahaman materi.
Berikut adalah penjelasan cara belajar di semester 2 ini.
1.      Anda akan dikelompokan kedalam beberapa kelompok dengan 1 orang sebagai ketua kelompok.
2.      Setiap minggu anda DIHARUSKAN untuk melakukan kerja kelompok dengan materi dan tugas yang ditentukan. Materi dan tugas dapat diberikan secara hardcopy (fotocopian) ataupun lewat materi yang dapat didownload dari blog belajar kita yaitu http://accountingenglishone.blogspot.com/ 
3.      Bahasa Inggris mendapatkan 2 kali jam mengajar di semester ini yaitu Senin/Rabu (2/G) dan Selasa/Kamis (2/A, D, C)
4.      Pertemuan kedua setiap minggunya [ Rabu untuk 2/G dan Kamis untuk 2/A, D, C ] adalah pertemuan dimana dosen akan hadir untuk penguatan dan pembahasan materi yang telah anda bahas dalam kelompok. Pertemuan Pertama setiap minggu dosen tidak hadir di kelas NAMUN BUKAN BERARTI ANDA TIDAK MASUK KELAS. Pada pertemuan kedua ini adalah waktu anda untuk melakukan BELAJAR MANDIRI TERPIMPIN – Guided independent learning, dengan menggunakan materi dan pertanyaan panduan yang diberikan dosen baik secara langsung maupun online. Dengan demikian Absen kelas tetap berjalan.
5.      Saya menyarankan agar setiap Kelompok dapat menggunakan jam Bahasa Inggris pertama dalam minggu tersebut [ Senin untuk 2/G dan Selasa untuk 2/A, D, C ] untuk untuk melakukan kerja kelompok di kelas (Belajar Mandiri Terpimpin). Dengan demikian tidak ada alasan bahwa si A atau si B tidak dapat pergi ke tempat kerja kelompok.
6.      Sebelum datang ke kerja kelompok masing-masing anggota kelompok diharapkan telah mendownload atau telah melihat dan mempelajari sendiri materi yang ditentukan untuk dibahas. Jangan menunggu hingga datang di kelompok baru mengecek link/materi untuk memastikan waktu belajar tidak terkuras untuk mendownload atau mengambil materi.
7.       Hasil kerja kelompok ini akan dilaporkan setiap minggu dengan mengisi lembar “Weekly Group Report” yang dapat di download dan diperbanyak disini.
8.      Selain dari laporan kelompok, setiap siswa DIHARUSKAN untuk mengisi lembar “Personal Learning Journal” yang juga akan dikumpulkan SETIAP MINGGU pada pertemuan pertama mingguan [ Senin untuk 2/G dan Selasa untuk 2/A, D, C ]. Lembar isian ini dapat didownload dan diperbanyak disini.
9.      Lembar Isian Student Personal Learning Journal harus dimasukan SETIAP MINGGU dan TIDAK MENUNGGAK. Diperkirakan hingga akhir semester ini ada sekitar 12 lembar. Lembar isian ini dapat ditulis tangan rapi dengan mencantumkan tanggal dan membubuhkan tanda tangan.
10.  Setiap minggu Student Personal Learning Journal ini akan mendapatkan tanda tangan dan cap dari dosen. Lembar ini kemudian harus disimpan untuk nanti dimasukan kedalam portfolio akhir. Lembaran harus ASLI.
11.  Lembar Weekly Group Report, diisi bersama-sama setelah kerja kelompok dan ditanda tangani oleh ketua kelompok.
12.  Nilai Keaktifan dan Kehadiran anda adalah akumulasi dari kehadiran anda di kelas dan kehadiran anda dalam kerja kelompok. 

Berikut ini adalah Penduan dan kontrak belajar dengan saya di semester 2 ini. Silahkan didownload dan disimpan untuk referensi anda.

Panduan dan Kontrak Belajar Semester 2

No comments:

Post a Comment