Terima kasih semuanya atas perhatian dan kerja samanya.
Semoga semester ini kita dapat sama-sama mempelajari beberapa materi dasar akuntansi.
Seperti yang telah saya jelaskan di kelas. Pengajaran bahasa Inggris semester
ini berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Kita akan menggunakan
metode/pendekatan mengajar ‘ACTIVE LEARNING’ sehingga siswa belajar akan
didorong untuk lebih berperan aktif dalam belajar. Sebelum datang ke kelas anda
diharuskan telah melakukan belajar sendiri dan belajar kelompok secara mandiri dan terpimpin.
Sehingga anda tidak lagi datang dikelas dengan ‘kosong’ melainkan siap untuk
berinteraksi aktif dalam penguatan pemahaman materi.
Berikut adalah penjelasan cara belajar di semester 2 ini.
1. Anda akan dikelompokan kedalam
beberapa kelompok dengan 1 orang sebagai ketua kelompok.
2. Setiap minggu anda DIHARUSKAN untuk
melakukan kerja kelompok dengan materi dan tugas yang ditentukan. Materi dan
tugas dapat diberikan secara hardcopy (fotocopian) ataupun lewat materi yang
dapat didownload dari blog belajar kita yaitu http://accountingenglishone.blogspot.com/
3. Bahasa Inggris mendapatkan 2 kali jam
mengajar di semester ini yaitu Senin/Rabu (2/G) dan Selasa/Kamis (2/A, D, C)
4. Pertemuan kedua setiap minggunya [ Rabu untuk 2/G dan Kamis untuk 2/A, D, C
] adalah pertemuan dimana dosen akan hadir untuk penguatan dan
pembahasan materi yang telah anda bahas dalam kelompok. Pertemuan Pertama setiap
minggu dosen tidak hadir di kelas NAMUN BUKAN BERARTI ANDA TIDAK MASUK
KELAS. Pada pertemuan kedua ini adalah waktu anda untuk melakukan BELAJAR
MANDIRI TERPIMPIN – Guided independent learning, dengan menggunakan materi dan
pertanyaan panduan yang diberikan dosen baik secara langsung maupun online. Dengan
demikian Absen kelas tetap berjalan.
5. Saya menyarankan agar setiap Kelompok
dapat menggunakan jam Bahasa Inggris pertama dalam minggu tersebut [ Senin untuk 2/G dan Selasa untuk 2/A, D, C ]
untuk untuk melakukan kerja kelompok di kelas (Belajar Mandiri Terpimpin). Dengan
demikian tidak ada alasan bahwa si A atau si B tidak dapat pergi ke tempat
kerja kelompok.
6. Sebelum datang ke kerja kelompok
masing-masing anggota kelompok diharapkan telah mendownload atau telah melihat
dan mempelajari sendiri materi yang ditentukan untuk dibahas. Jangan menunggu
hingga datang di kelompok baru mengecek link/materi untuk memastikan waktu
belajar tidak terkuras untuk mendownload atau mengambil materi.
7. Hasil kerja kelompok ini akan dilaporkan
setiap minggu dengan mengisi lembar “Weekly Group Report” yang dapat di
download dan diperbanyak disini.
8. Selain dari laporan kelompok, setiap
siswa DIHARUSKAN untuk mengisi lembar “Personal Learning Journal” yang juga
akan dikumpulkan SETIAP MINGGU pada pertemuan pertama mingguan [ Senin untuk 2/G dan Selasa untuk 2/A, D, C
]. Lembar isian ini dapat didownload dan diperbanyak disini.
9. Lembar Isian Student Personal Learning Journal
harus dimasukan SETIAP MINGGU dan TIDAK MENUNGGAK. Diperkirakan hingga akhir
semester ini ada sekitar 12 lembar. Lembar isian ini dapat ditulis tangan rapi
dengan mencantumkan tanggal dan membubuhkan tanda tangan.
10. Setiap minggu Student Personal Learning Journal
ini akan mendapatkan tanda tangan dan cap dari dosen. Lembar ini
kemudian harus disimpan untuk nanti dimasukan kedalam portfolio akhir. Lembaran
harus ASLI.
11. Lembar Weekly Group Report, diisi
bersama-sama setelah kerja kelompok dan ditanda tangani oleh ketua kelompok.
12. Nilai Keaktifan dan Kehadiran anda
adalah akumulasi dari kehadiran anda di kelas dan kehadiran anda dalam kerja
kelompok.
Berikut ini adalah Penduan dan kontrak belajar dengan saya di semester 2 ini. Silahkan didownload dan disimpan untuk referensi anda.
Panduan dan Kontrak Belajar Semester 2
Berikut ini adalah Penduan dan kontrak belajar dengan saya di semester 2 ini. Silahkan didownload dan disimpan untuk referensi anda.
Panduan dan Kontrak Belajar Semester 2

No comments:
Post a Comment